;
Free Apple TM Link Select MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com
Jaringan Komputer di Kantor dan di Rumah

Selasa, 02 November 2010

Jaringan Komputer di Kantor dan di Rumah

Selasa, 02 November 2010

Oleh Tutang MM


Sebelum Anda memulai menginstalasi sistem operasi yang akan digunakan dalam hal ini adalah Microsoft Windows Vista, terlebih dahulu siapkan semua kebutuhan yang berhubungan dengan jaringan komputer yang akan Anda bangun. Setelah semua kebutuhan siap sekarang tiba saatnya untuk menentukan memulai menginstalasi sistem operasi Microsoft Windows Vista. Sekarang Anda ingin tahu bagaimana menghubungkan komputer dengan Microsoft Windows Vista sebagai sistem operasinya ke semua komputer lain yang ada di rumah Anda.
<span class="fullpost">Saat ini hamper kota-kota besar di Indonesia sangat mudah untuk membeli komputer termasuk hardware yang diperlukan untuk membangun sebuah jaringan. Di samping itu tentu saja driver-driver yang diperlukan juga sudah tersedia yang umumnya sudah dibundel dengan hardware yang Anda beli. Namun demikian secara umum Microsoft Windows Vista sudah mampu mengetahui berbagai driver yang diperlukan untuk membangun jaringan computer kecil di rumah Anda.Tipe Jaringan
Setelah semua kebutuhan untuk membangun suatu jaringan langkah selanjutnya adalah menentukan tipe jaringan yang paling sesuai dan cocok untuk diimplementasikan di rumah Anda. Kemudian langkah berikutnya adalah menginstalasi hardware jaringan yang diperlukan. Setelah menginstalasi hardware, selanjutnya Anda bias melakukan setting sistem operasi Microsoft Windows Vista.
Apabila Anda pernah jalan-jalan baik di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota-kota lain di Indonesia akan sedikit kebingungan karena hardware untuk jaringan ini beraneka macam. Baik bentuk, jenis, kualitas dan tentu saja harganya juga berbeda-beda tergantung kualitas dari hardware tersebut. Nah hal ini mungkin akan membuat Anda sedikit bingung, jenis manakah yang paling cocok untuk membangun jaringan kecil di rumah Anda?
Apakah tujuan Anda akan mengiinstalasi dan menggunakan jaringan computer kecil di rumah? Jika Anda menggunakan jaringan untuk koneksi Internet, maka Anda hanya perlu membuat koneksi Internet saja. Jika Anda akan mempermudah proses transfer file-file besar, misalnya video, gambar, hasil desain majalah, dokumen atau database yang besar, maka kecepatan jaringan yang lebih tinggi akan sangat dibutuhkan. Apakah Anda mengetahui kecepatan jaringan itu diukur dalam megabit per second atau Mbps? Untuk keperluan tersebut tentu saja Anda harus meningkatkan kemampuan jaringan Anda.
Masalah Pendanaan
Jika Anda akan membangun suatu jaringan tentu yang perlu dipertimbangkan adalah hal-hal yang berhubungan dengan keperluan dan untuk apa jaringan tersebut. Kemudian apa yang saat ini sudah Anda miliki? Jika saat ini Anda sudah memiliki beberapa PC, HUB, Modem, Printer dan lain-lain, maka untuk itu Anda perlu menyusun atau menginventarisir semua hardware yang ada sekarang dan pertimbangkan di mana masing-masing komputer tersebut akan diletakkan. Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah di mana stopkontak power supply dan saluran telepon diletakkan, lalu pertimbangkan pengerjaan pemasangan kabel di antara komputer-komputer Anda. Setelah mempertimbangkan semua faktor-faktor tersebut, Anda dapat memutuskan tipe jaringan manakah yang terbaik untuk digunakan.
Saat ini dikenal tiga tipe jaringan utama yang cocok untuk jaringan komputer kecil di kantor atau di rumah. Hampir semua pemakai komputer di kantor atau di rumah sudah memiliki saluran telepon, namun mungkin belum memiliki Ethernet Card dan nirkabel. Jika Anda akan menggunakan kombinasi dari tipe koneksi jaringan yang berbeda bisa-bisa saja, dalam hal ini Microsoft Windows Vista akan membantu Anda.</span>

0 komentar:

Posting Komentar

 

welcome visitors